Desa Sumur, Persinggahan Menuju Taman Nasional Ujung Kulon

0
43

Untuk melanjutkan perjalanan saya ke Taman Nasional Ujung Kulon, saya harus singgah dahulu di Desa Sumur yang berada di Pandeglang. Pantai di Desa Sumur ini merupakan tempat yang baik buat kamu yang memburu keheningan. Nama Sumur ini sebenarnya adalah nama Kecamatan yang terbentang luas sekira 20 kilometer. Jalur masuk ke Taman Nasional Ujung Kulon ini berjarak sekira 200 kilometer dari Jakarta.

IMG_20150530_064930Hamparan Langit yang biru cerah dan laut biru toskanya yang cantik akan memuaskan mata siapa saja yang melihatnya. Pemandangan nan elok tersebut merupakan relaksasi setelah lelah perjalanan panjang menuju ujung Provinsi Banten ini.

Sambil memandang kejauhan tampak beberapa perahu nelayan, imajinasi saya menerawang lautan luas yang akan menghantarkan saya sampai di Taman Nasional Ujung Kulon, yang konon menurut orang-orang tak kalah indah panorama dan sarat kekayaan di dalamnya. Dengan pemandangan yang secantik ini, sangat disayangkan jika dilewatkan. Maka persiapkan kamera menangkap panorama yang indah dengan beberapa jepretan.

Saya hanya singgah saja di sini, namun hasil perbincangan saya dengan orang-orang sekitar, saya mendapat beberapa masukan yang bermanfaat mengenai Kecamatan Sumur. Silakan menyimak beberapa informasi mengenai kegiatan, destinasi wisata sekitar yang bisa disambangi hingga fasilitas apa saja yang baik untuk mengisi waktu liburanmu.

Kegiatan

Jika kamu bermaksud lama di sini, tidak ada salahnya untuk menyeberang ke beberapa pulau dengan menyewa perahu nelayan. Di antaranya kita bisa menyeberang ke Pulau Badul, Pulau Oar, dan Mangir. Sewa perahu sekira Rp500.000,- pulang pergi dengan kapasitas 8 orang, jadi baiknya berbagi ongkos dengan wisatawan lain. Jarak tempuh sekira 15 menit dari kawasan Ciputih Beach Resort. Di pulau-pulau tersebut bisa berenang dan snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

IMG_20150530_065750Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi, antara lain Pulau Umang yang lokasinya tidak jauh dari Pulau Oar, desa wisata Kampung Paniis, dan Cinibung. Ada wisata unik di Kampung Paniis, wisatawan akan diajak untuk menyelam dan membudidayakan karang. Harga per set Rp250.000,- dan penanaman dengan berperahu ke perairan sekitar Pulau Badul, Pulau Mangir, Pulau Umang atau di Pantai Cimarende dikenakan biaya Rp1juta-1,5juta.

Penginapan dan Kuliner

Tidak masalah dengan penginapan di daerah Sumur, silakan sesuaikan dengan budget.  Wisma Sarang Badak dari Rp350.000,- / kamar dengan kapasitas 2-6 orang, Ciputih Resort  dengan budget sekira Rp300-Rp400.000/kamar/malam, dan Honje Ecolodge dengan biaya Rp700.000/vila/malam. Penduduk sekitar pun menawarkan menginap di homestay yang tentunya lebih sesuai dengan budget minim.

Untuk kuliner tentu saja makanan laut yang khas seperti ikan kakap dan kuwe, cumi-cumi. Harganya sekira Rp35.000-Rp45.000/kg.

IMG_20150530_065527

LEAVE A REPLY