Desain Sistem Informasi Pariwisata

1
1016

Prospek pariwisata ke depan yang sangat menjanjikan bahkan sangat memberikan peluang besar, terutama apabila menyimak angka-angka perkiraan jumlah wisatawan internasional ( inbound tourism ) berdasarkan perkiraan WTO yakni 1,046 milyar orang (tahun 2010) dan 1,602 milyar orang (tahun 2020), diantaranya masing-masing 231 juta dan 438 juta orang berada di kawasan Asia Timur dan Pasifik. Hal ini juga akan mampu menciptakan pendapatan dunia sebesar USD 2 triliun pada tahun 2020.

Berdasarkan angka perkiraan tersebut, maka para pelaku pariwisata Indonesia seyogyanya melakukan perencanaan yang matang dan terarah untuk menjawab tantangan sekaligus menangkap peluang yang akan lalu lalang di kawasan kita. Pemanfaatan peluang harus dilakukan melalui pendekatan repositioning keberadaan masing-masing kegiatan pariwisata dimulai dari sejak investasi, promosi, pembuatan produk pariwisata, penyiapan jaringan pemasaran internasional, dan penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas. Kesemuanya ini harus disiapkan untuk memenuhi standar internasional sehingga dapat lebih kompetitif dan menarik, dibandingkan dengan kegiatan yang serupa dari negara-negara disekitar Indonesia.
            Suatu langkah yang sangat penting dilakukan dalam pengembangan pariwisata Bali ke depan adalah kemampuan para pelaku pariwisata dalam memberikan informasi kepada wisatawan. Ketersediaan informasi wisata yang lengkap, akurat dan dapat diakses dengan mudah akan menjadi tantangan yang semakin besar ke depan. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa informasi memegang peran yang semakin penting dalam pengambilan keputusan perjalanan para wisatawan dan mereka umumnya sudah terbiasa hidup dalam lingkungan yang penuh dengan informasi (informed society).
Berdasarkan hal tersebut di atas maka disarankan mengembangkan  sistem informasi pariwisata Bali yang lebih diarahkan pada pengembangan sistem informasi yang mengedepankan pemenuhan kebutuhan informasi tentang pariwisata Bali bagi wisatawan baik domestik maupun manca negara. Informasi yang akan diberikan kepada wisatawan sebaiknya mencakup seluruh informasi pariwisata beserta informasi pendukungnya.
  
3.2. ANALISA KEBUTUHAN INFORMASI WISATAWAN
Wisatawan sebagai mesin penggerak utama kegiatan pariwisata Bali perlu mendapat perhatian penuh dari para pelaku pariwisata Bali. Kebutuhan mendasar bagi para calon pengunjung adalah berupa informasi pariwisata Bali seluas-luasnya, sebaiknya dapat dipenuhi sebaik mungkin. Untuk mencapai pemenuhan kebutuhan informasi tersebut, sebaiknya kita menyediakan beberapa informasi diantaranya :
 
a.      Informasi  obyek wisata
Obyek wisata merupakan suatu tempat yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk dikunjungi. Obyek wisata dapat berupa wisata bahari dan  pegunungan , tempat-tempat bersejarah, taman burung, museum, taman safari dan lain-lain. Obyek wisata tersebut mempunyai keunikan masing-masing bagi para pengunjungnya karena dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Bali sebagai pusat wisata memiliki banyak corak budaya dan keindahan alam yang unik dibandingkan tempat lain, sehingga mempunyai daya tarik yang begitu kuat bagi para wisatawan.  Masih banyak beberapa tempat wisata unik yang perlu dikembangkan untuk menambah corak obyek wisata yang ada di Bali.
b.      Informasi event yang terkait dengan budaya 
Terkait dengan pengembangan wisata bali, sebaiknya pelestarian budaya Bali mulai digalakkan lagi. Sebab berbagai event budaya bali seperti tari-tarian yang menyertai kegiatan upacara agama sangat banyak diminati oleh para wisatawan mancanegara. Berbagai tarian sakral kadang hanya dapat dinikmati pada waktu-waktu tertentu saja. Disamping itu event tarian-tarian kreasi baru yang melibatkan jumlah penari yang cukup banyak atau jenis sendratari banyak diminati juga. Pengadaan event-event perpaduan budaya etnik dan modern juga memberikan warna tersendiri bagi para wisatawan. Kegiatan ini secara tidak langsung dapat menumbuhkan minat dan bakat para generasi muda Bali.
c.       Informasi hotel, villa dan seluruh jenis penginapan yang tersedia
Hotel atau penginapan merupakan bagian pendukung utama dalam kegiatan pariwisata, karena memberikan pelayanan yang kontinyu bagi para wisatawan yang berkunjung selama beberapa hari bahkan beberapa minggu. Hotel sebagai tempat beristirahat bagi para tamu sebaiknya menyediakan berbagai fasilitas selengkap mungkin untuk kenyamanan mereka. Berbagai event pun dapat melengkapi sajian layanan bagi wisatawan. Diharapkan juga setiap hotel dapat memberikan informasinya selengkap mungkin mengenai service yang disediakan bagi para tamu serta dapat memberikan kemudahan reservasi bagi para pengunjungnya.
d.      Informasi bar dan restaurant
Informasi ini dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mencari kebutuhan minuman dan makanan mereka. Disamping itu budaya barat yang sarat dengan kehidupan malam menjadikan bar sebagai pelengkap kepuasan mereka mengunjungi tempat wisata yang mereka idam-idamkan. Berbagai jenis masakan dan minuman yang biasa mereka konsumsi juga mesti tersedia di restaurant yang mereka kunjungi. Informasi menu yang mereka miliki dapat   disampaikan juga melalui layanan Internet.
e.       Informasi art shop
Belakangan ini artshop merupakan suatu tempat yang banyak diminati oleh wisatawan manca negara. Berbagai jenis produk handycraft banyak mereka temui di sana. Berbagai corak kerajinan dengan bahan-bahan natural pun ikut mewarnai berbagai jenis produk yang dapat memberikan nilai artistik bagi produk tersebut. Informasi berbagai produk yang mereka sediakan sebaiknya dapat diinformasikan melalui internet untuk memberikan informasi detail tentang produk yang mereka miliki. Ini merupakan cara mudah untuk memberitahukan ke pelanggan tentang produk-produk terbaru yang mereka miliki.
f.       Informasi galery
Galery sebagai tempat untuk memarkan berbagai produk lukisan dari para pelukis yang sudah mumpuni. Lukisan-lukisan ini banyak diminati pasar dengan segala jenis aliran lukisan yang ada. Untuk itu galery-galery besar yang memiliki koleksi lukisan yang cukup banyak sebaiknya melakukan promosi on-line untuk dapat memperluas pasar mereka, karena lukisan-lukisan Bali dengan berbagai alirannya memiliki nilai artistik yang unik. Disamping itu obyek-obyek lukisan yang digunakan juga mempunyai ciri khas Bali.
g.      Informasi salon dan spa
Perawatan kecantikan para wisatawan juga merupakan peluang yang bagus dalam bisnis perawatan kecantikan. Salon dan Spa yang saat ini merupakan peluang bisnis menggiurkan sangat tepat untuk dikembangkan. Hal ini juga dapat memperkenalkan perawatan kecantikan dengan metode tradisional yang pernah dilakukan oleh para priyayi pada jaman kerajaan dulu. Perawatan kecantikan ini juga dapat dipadukan dengan penggunaan berbagai bahan alami dan beberapa produk kecantikan alami. Layanan ini sangat diminati oleh para wisatawan saat ini, termasuk layanan massage tradisional yang dapat memanjakan wisatawan selama menggunakan layanan perawatan tubuh mereka.
h.      Informasi super market
Super market merupakan tempat belanja yang banyak dikunjungi juga oleh para wisatawan. Bagi wisatawan berbagai kebutuhan sehari-hari akan sangat mudah mereka dapatkan di sana. Super market juga memberikan jaminan harga yang lebih pasti dibandingkan dengan beberapa tempat belanja lain yang masih dapat melakukan negosiasi harga. Beberapa wisatawan lebih tertarik dengan kondisi yang sudah baku seperti di super market. Kondisi itu lebih memberikan jaminan bahwa mereka diberikan harga yang pasti.
i.        Informasi pasar umum
Pasar umum sebagi tempat perbelanjaan yang lebih dikhususkan bagi masyarakat tradisional. Informasi ini diperlukan bagi beberapa wisatawan dengan alasan bahwa beberapa dari mereka lebih senang melakukan transaksi di sana. Meskipun terjadi tawar menawar harga yang cukup lama, beberapa wisatawan lebih puas melakukan itu. Pasar ini juga memberikan berbagai jenis produk khusus yang tidak ada di super market.
j.        Informasi  travel
Travel sebagai lembaga yang menyediakan jasa perjalanan wisata dapat memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin melakukan travelling ke berbagai tempat wisata yang ada di Bali maupun di luar Bali. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh para wisatawan untuk memudahkan mereka dalam melakukan perjalanan wisata mereka. Mengenai tarif perjalanan wisata ke setiap tujuan wisata juga bisa diketahui oleh setiap wisatawan dengan melihat informasi yang ada di Internet.
  
k.      Informasi  bank
Bank sebagai lembaga keuangan sangat membantu para wisatawan untuk melakukan setiap transaksi yang akan mereka lakukan. Disamping hal tersebut para wisatawan juga dapat melakukan penukaran uang  mereka dengan nilai tukar yang lebih wajar. Para wisatawan yang bertujuan untuk melakukan transaksi bisnis mereka dalam jumlah besar akan merasa terbantu dalam melakukan pembayaran transaksi yang mereka lakukan. Lebih-lebih tersedianya layanan on-line banking yang memberikan kemudahan para wisatawan dalam melakukan transaksi mereka.
l.        Informasi money changer
Money changer yang ada dibeberapa lokasi di Bali memberikan kemudahan para wisatawan dalam melakukan penukaran mata uang mereka menjadi mata uang rupiah. Meskipun layanan jasa ini kadang mengambil keuntungan yang lebih besar dibandingkan bank, keberdaan money changer sangat membantu mereka dalam melakukan penukaran dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Sehingga posisi money changer yang ada sangat mereka harapkan untuk memudahkan para wisatawan melakukan penukaran uang mereka.
m.    Informasi rumah sakit
Rumah sakit sebagai lembaga yang memberikan jasa layanan kesehatan merupakan informasi yang sangat diharapkan bagi para wisatawan untuk jaminan pelayanan kesehatan yang sewaktu-waktu mereka butuhkan. Sekalipun pada setiap hotel telah menyediakan layanan kesehatan private, para wisatawan ingin mencari pelayanan yang lebih profesional khusus saat kondisi-kondisi darurat terjadi sewaktu-waktu. Informasi detail dari setiap rumah sakit yang ada di Bali sebaiknya menyediakan layanan kesehatan yang mengacu pada standar kesehatan international.
n.      Berita seputar Bali yang terkait dengan pariwisata
Berita seputar bali tentang budaya, kegiatan pariwisata bali dan pengembangannya perlu dipublikasikan untuk penginformasian tentang perkembangan terakhir kondisi pariwisata Bali. Semua pengembangan fasilitas penunjang pariwisata yang telah dilakukan, akan memberikan daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Kesempurnaan fasilitas penunjang pariwisata sangat diharapkan oleh para wisatawan guna kenyamanan perjalanan wisata mereka ke Bali.
 
3.3. ANALISA PEMILIHAN BAHASA APLIKASI
Sesuai dengan tujuan dikembangkannya aplikasi sistem informasi pariwisata Bali adalah tercapainya pemenuhan kebutuhan informasi para wisatawan manca negara tentang informasi pariwisata bali sedetail mungkin. Tercapainya secara optimal tujuan tersebut, sangat tergantung dari pemahaman para wisatawan terhadap informasi pariwisata yang diketengahkan dalam  sistem informasi pariwisata tersebut. Hal mendasar yang perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan tersebut secara optimal sangat tergantung pada cara mengemas informasi yang akan disampaikan dan bahasa penyampaian yang digunakan untuk menyampaikan informasi pariwisata bali tersebut. Pertimbangan yang harus diperhatikan untuk pemilihan bahasa yang digunakan untuk menginformasikan dapat mengacu pada bahasa yang digunakan di beberapa negara yang penduduknya cukup banyak mengunjungi pulau Bali sesuai dengan data WTO, diantaranya :
a.       Jepang
b.      Australia
c.       Taiwan
d.      Afrika Selatan
e.       Inggris
f.       Jerman
g.      Malaysia
h.      Amerika
i.        Perancis
j.        Belanda
k.      Singapura
l.        Italia
m.    Newzealand
n.      Switzerland
o.      Cina

Maka dari daftar negara tersebut minimal dapat menyediakan informasi dalam bahasa Indonesia, Melayu, Inggris, Jepang, Jerman, Perancis, Belanda dan Cina.