Objek Wisata Bogor

2
1235
Objek Wisata Bogor ala Bedul dan Panjul
Setiap hari bosan melihat matahari terbit dari belahan gedung pencakar langit yang ada di Jakarta, dan sudah gak kuat bernafas dengan udara segar Jakarta yang sudah bercampur debu dan asap.
“Halo Njul” sapa Bedul temanku sambil menepukkan tangannya di atas bahuku keras. “Perlu diketahui ya teman-teman, biasanya aku dipanggil Panjul oleh Bedul temenku yang satu ini”.
“Jangkrik kurang ajar Dul, Aq kaget banget kampret” jawabku sambil melonjak kaget dan memegangi dadaku.
“Lah lagian, dari jauh tak liat-liat ko sepertinya kamu keliatan berfikir keras banget, orang nganggur aja ko sok sok mikir, kayak banyak kerjaan aja” celoteh sih Bedul.
“Kepalamu siwer emang Dul, bikin orang kaget aja, ini bukan mikir, tapi lagi ngelamun” jawabku.
“Pasti ngelamun jorok yaaaaa, hehehehehe” Canda Bedul kepadaku.
“Jorok hidungmu copot, aku itu ngelamun, bagaimana aq itu bisa keluar dari kehidupan rutinitasku yang sekarang ini Dul. Aku da bosen Dul” jawabku sambil aku rebahan dilantai teras depan rumah.
“Halah Nnnnnjuuuuuuuul Njul, kamu itu sudah jelas menyandang setatus kehidupan pengangguran, lah ko pakek bahasa kehidupan rutinitas, emang setiap hari rutinitasmu iku opo?” jawab Bedul sambil melemparkan sebungkus rokok dan 2 bungkus mie instan diatas perutku.
“ Jangkrik Dul, matamu mules ta?” jawabku kaget sambil bangun dari tidur-tiduranku karena rokok dan 2 bungkus mie  instan yang dilempar Bedul keatas perutku salah sasaran dan gak kena perutku malah kena…….(pokoknya yang bisa bersiul) hehehehehehe.
“Sorry My Pren, maksud hati tadi mau aq lempar ke perutmu, tapi ya hehehehe. Yada sana, suruh Emak bikin mie rebus yang agak pedes dan jangan lupa kopi pahitnya” kata Bedul sama senyam-senyum yang plengas-plengos.
“Dasar matamu sobek Dul, yada aku saja yang bikin” jawabku sambil bergegas berdiri.
“Eeeits, jangan” reflek bedul sambil gandolin celana kolorku.
“Dul, ni celana kolorku molor goblok” bilangku ke Bedul sambil megangin celanaku yang sedikit mlorot.
“Hehehehe, sorry my pren gak sengaja”.
“Gak sengaja gundulmu, emang kenapa klo aq yang bikin mie” jawabku.
“Nggak Njul, dari pada aku kena titanus, lebih baik Emak aja yang bikin” kata Bedul singkat.
“ Laa ya, emangnya kenapa kalo aku yang bikin mie, Bedul Gundul Paculllllllllllll?” tanyaku halus.
“Apa hidungmu sudah buntu terus lidahmu sudah mluntir, gak ingat apa klo kemaren kamu bikin mie itu kamu kasih terasi plus jahe sama kencur, terus mienya kamu aduk terus sampai hancur kayak bubur, dasar semprul, sudah biar Emak saja yang bikin” jawab Bedul Sewot.
“Itu namanya mie bubur rasa jamu Bedul semprul, pura pura gak enak, orang kemarin habis saja,”
“Maklum kepaksa” jawab Bedul singkat.
“ Udah Dul, buat mie ama kopinya nanti saja, sekarang kita ngomongin hal baru, sesuai dengan bahasan tadi, yaitu keluar dari rutinitas”.
“ya sudah aku tanyak, emang rutinitas kamu selama ini iku opo Njul?” Tanya Bedul sama cengar cengir.
“Jangkrik Dul, kamu tak lempar asbak lho, emang matamu gak tau klo rutinitasku selama ini pengangguran sukses, kamu tanya apa nyindir?” tanyaku kesel.
“hehehe, ya sudah, klo pingin keluar dari rutinitas ngangurmu ya kamu kerja kek, olah raga kek, atau jalan-jalan kemana gitu, ya jangan ngelamun aja gitu, ya kalo kamu ngelamun terus kayak gitu ya pasti jenuh, bosen alias sumpek.
“Waduh Dul, memang tak akuin pemikiran kamu itu mempunyai potensi gendeng Dul, lama-lama aku gak kuat nahan emosi, ntar aku gak jadi masak mie, malah bibirmu yang tak masak lho, jawabku kecut.
“Lho, Kok kayak gitu?” jawab bedul heran sambil tersenyum.
“Ya dari dulu klo kepingin keluar dari pengangguran ya kerja, lah kalau olah raga, kan setiap hari bulu tangkis, main sepeda dan main catur sama raimu yang tembem itu, ya kalo soal jalan-jalan kan tiap hari aku jalan-jalan dari rumah ke pos kamling terus muter-muter gak karu-karuan. Kamu itu ngomong apa kumur-kumur?, kok gak ada yang bener” jawabku sewot.
“Jalan-jalan yang aku maksud itu rekreasi, gitu lho Njuuuuul” jawab Bedul sambil njewer telingahku.
“Hehehehe, iya Dul, kalau rekreasi itu sudah aku pikirkan, tapi aku juga lagi mikir, rekreasi apa yang murah meriah, deket-deket dari Jakarta sini alias kesandung nyampek, terus tempat rekreasinya yang bagus dan gak ngecewain?” Tanyaku.
“Beeee, dasar gak mau rugi, mintanya yang murah-meriah, yang deket, yang bagus dan gak ngecewain. Sekaligus aja cari tempat pariwisata yang ngasih dana sosial bagi pengangguran kayak kamu”.
“Jangkrik Dul, makin lama mulutmu makin siwer aja, emang mulutmu gak pernah dibatu bata sama orang Dul?, ngomong kayak nguap saja kamu”.
“Hehehehe tenang my pren, klo boleh, kamu kasih contoh tempat rekreasi yang murah, deket, bagus dan tetek bengek yang kamu maksud itu!”.
“Ya contohnya pemandian air hangat Tirta Yasa Bogor, masuk bayar seribu, terus bayar tiket enam ribu plus mandi air hangat 5 ribu, pulang pergi habis sekitar dua puluh ribu tuh Dul, beres toh” jawabku.
“ lah, terus yang lain apa?” Tanya Bedul.
“Wisata Gunung Bunder, masuknya plus motor 13 ribu satu orang, klo dari rumahku pakek motor gak habisin bensin 5 liter bolak balik Dul”.
“Ooo gitu to Njul?”.
“Iya Bedul sempruuuuuuuuuuul, jadi masih banyak tempat rekreasi yang murah itu, ya sudah sekarang ambil lektopmu sama modemnya!”.
“Ko lektop sih?, bukannya labtop?”Protes Bedul.
“Labtop itu kalo aku yang bawa, kalo kamu yang bawa namanya jadi Lektop alias jelek-jelek ngetop, udah sana, ambil lektopmu, gak pakek lama” suruhku.
“Dasar Panjul gendeng” jawab Bedul sambil lari menuju rumahnya untuk mengambil labtop.
Dan tak lama kemudian Bedul datang membawa labtopnya
“Halo my pren, ni labtop plus modemnya” sapa Bedul kepadaku
“Yada Dul, coba lektopmu taruk di meja sini dan pasang modemnya terus colokin tu chargernya.
“Chargernya dicolokin kemana Njull?” Tanya bedul dengan serius.
“ke jidat lu Dul, kalo gak yaaaa ke ubun-ubun kamu jugah boleh” jawabku santai dengan menikmati sebatang rokok.
“hehehehehehe, maksudku colokan listriknya yang dimana?”
“Tu tuh coba liat samping kananmu, ada colokan gak?. Kayak kamu baru maen kesini aja”
“hehehehehe, ya dah ini sudah aku colokin, terus ngapain?”
“Ya kamu nyalain dong Dul lektopmu itu, kamu jangan kayak orang dongok gitu napa Dul” jawabku santai sambil menikmati isepan demi isepan rokok
“Iya-iya, aku juga tau, kamu itu jangan tua-tua gitu dong biar gak cepet marah!”.
“Bahasmu kebalik goblok”.
“Sengaja dibalik, da ini aku da nyalain semuanya dan udah aku buka internetnya, terus apa lagi?”.
“Coba cari di google tentang daftar pariwisata di kabupaten bogor, terus kamu rekap”
“Oke boss Panjul gendeng”.
Setengah jam kemudian Bedul menyelesaikan pekerjaannya
“Njuuuuul, coba liat ni daftar pariwisatanya”.
“Man Dul? Mana?”.
“ini lho di bawah ini lho, matamu”.
Data Objek Wisata Kabupaten Bogor :
.  Curug Seribu Kec Pamajihan
.  Taman Wisata Tirta Sanita Jl. Raya Gunung Kapur Ciseeng-Parung 16330 (0251) 542550
.  Eko Wisata Gunung Bunder
.  Air Panas Gunung Salak Endah Kec Pamajihan
.  Curug Cigamea Kec Pamajihan
.  Curug Ngumpet Kec Pamajihan
.  Goa Gundawang Kec Cigudeg
.  Curug Cihurang Kec Pamajihan
.  Curug Nangka Kec Taman Sari
.  Curug Cilember Kec Cisarua
.  Curug Luhur “Perhutani” Kec Babakan Madang
.  Kebun Raya Bogor Lipi Cibinong Kec Cibinong
.  Taman Safari Indonesia Jl. Raya Puncak No. 601 Cisarua Bogor Telp .: 0251-250000  Www.Tamansafari.Com
.  Wisata Agro Gunung Mas Jl. Raya Puncak Km. 87 Telp .: 0251-252501 Fax.0251-154803
.  Telaga Warna    Kecamatan Cisarua
.  Taman Wisata Mekar Sari Jl. Raya Cileungsi – Jongol  Km. 3 Bogor 16820 Kec. Cileungsi  Telp.021-8231811 Fak 021-8231811
.  Taman Rekreasi Lido  Kec Cijeruk
.  Wana Wisata Bedogol  Desa Wates Jay Jl. Raya Bogor – Sukabumi Km. 18 Cisempur  – Cinagaracaringin Bogor, Telp.: 0251-224742
.  Curug Luhur  Desa Gunung Malang Tapos Rt. 02 /05 Tenjolaya
.  Sirkuit Sentul  Kec. Babakan Madang 021-87951080,87951082,Fax. 87951142
.  Museum Mobil Motor Dan Keramik Jl. Citerureup Km. 42 Desa Sentul Kec Babakan Madang
.  Museum Mobil Sentul  Kec Babakan Madang 021-87951130,021-87951112
.  Kebun Wisata Pasir Mukti Jl. Raya Tajur Pasir Mukti Km.4 Citeureup Cibinong Telp. (021) 87943864/65,Fax. (021) 87943866
.  Air Panas Gunung Pancar
.  Giri Tirta Kawah Hitam  Kec Babakan Madang
.  Wisata Petualangan Alam Norman Swandiri Kec Jongol Kec. Babakan Madang Telp. : (021) 9173208
.  Taman Bunga Mel Rimba Jl. Raya Puncak Km87 Cisarua Telp.: (0263) 523204-06,Fax. (0263)512805
.  Wisata Agro Kapol Ds Pasir Jaya Kec .Jeruk
.  Taman Rekreasi Gunung Putri  Desa Gunung Putri Kec. Gunung Putri
.  Panorama Alam Riung Gunung Kec Cisarua
.  Eko Wisata Sukamantri Kec Taman Sari
.  Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Kec Tanjung Sari
.  Eko Wisata Kawah Ratu Kec Pamajihan
.  Wana Wisata Pancawati Kec Caringin
.  Bumi Perkemahan Citaniang Kec Cisarua
.  Curug Panjang Kec Mega Mendung
.  Wana Wisata Cipamingkis
.  Wana Wisata Alam Curug Cisureun Kec Cisarua
.  Curug Cikaracak Kec Caringin
.  Kampung Wisata Cinangneng Kp Babakan Kemang Rt 001/02 Desa Cihideung Udik,Ciampea     0251-621895,Fax.0251-621897
.  Batu Tulis Ciareuteun Kec Cibungbulang
.  Musium Pasir Angin Kec Ciampea
.  Masjid At-Ta’awun Kec Cisarua
.  Situ Gedong Cibinong Kec Cibinong
.  Situ Cikaret Kec Cibinong
“Bagus Dul, ya sudah minggu-minggu ini kita bisa gak bisa harus nekad berangkat Dul”.
“Waduh Njul, ya sengsarah kamu, kalo kamu cuman modal nekad Njul. Modal itu ya modal uang, persiapan matang, atau modal tentang pengetahuan tentang tempat tujuan yang kita tuju, mulai dari alamat, tempat nginap nanti, dan yang lain-lainnya”
“Waduh Dul emang tak akuin kamu itu pinter tapi gendeng Dul, ya kamsudku juga gitu, kalo kita gak punya uang ya kita nekad nabung, kalau kita kurang persiapan ya kita nekad untuk mempersiapkan segala sesuatunya, dan kalau kita kurang informasi tentang tujuan pariwisata ya kita nekad cari informasi gitu lho Dul, bukan hanya ngomong doang, kamsudku itu seperti itu lho Suuuuuu (asu)”.
“Ya sudah Njul, berarti sekarang yang terpenting adalah Nenek-nenek makan ketupat”.
“Lho, apa itu?”.
NEKAD” jawab Bedul bersemangat
SHARE
Next articleAfter Dreaming Start Action

2 COMMENTS

  1. LUCU Ceritanya,,lumyan konyol,,tapi bagus lah,,menarik hehehe,,trus qta juga jadi tau wisata yg ada di bogor^^,,sukses bwt yg bqn artikelnya;)

LEAVE A REPLY