Pulau Pasumpahan

0
1229
Cerita
Berawal dari diambilnya sumpah antara para sesepuh dan pemuka adat dengan para penjajah, bahwa para penjajah harus meninggalkan tanah air dengan batas waktu yang sudah ditentukan dan sumpah itu diambil di pulau ini, maka pulau tersebut mempunyai nama Pulau Pasumpahan.

Ada juga legenda yang lain, bahwa Pulau Pasumpahan ini sebagai tempat disumpahinnya Si Malin Kundang oleh ibunya karena durhaka. Setelah disumpahin atau dikutuk, perlahan tubuh Malin Kundang menjadi batu di Pulau Pisang, Pantai Air Manis dan begitulah kira-kira cerita yang saya dengar dari penduduk sekitar.

Lokasi

Pulau Pasumpahan ini berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, provinsi Sumatera Barat.Waktu itu saya menyebrang Kepulau pasumpahan dengan menggunakan perahu nelayan, tepatnya di pelabuhan rakyat. Jarak dari bibir pantai kepulau Pasumpahan kurang lebih 20 s/d 30 Menit, dan sungguh luar biasa, sambil menikmati deburan ombak di atas perahu, tak habis-habis rasa kagum saya melihat gugusan pulau-pulau dan bebatuan besar serta air laut yang jernih sehingga menjadi rangkaian pemandangan yang indah.
Kegiatan
Kita bisa santai, berfoto, mandi dan melepas penad dengan menikmati alam sekitar. di Pulau Pasumpahan ini adalah tempat para nelayan berkumpul, memperbaiki jaring atau sekedar berteduh, karena deburan ombak yang tenang dan landai dan satu lagi…………airnya jerniiih banget.
Pulau Pasumpahan ini adalah pulau kosong, menurut cerita, dulu ada yang pernah tinggal di Pulau ini, setelah itu orangnya berpindah, konon pulau ini akan ditinggalin lagi oleh anaknya serta calon pendamping hidupnya yang menurut cerita adalah orang luar negeri, serta tempat ini akan dikembangkan sebagai resort atau obyek wisata lainnya, dan menurut informasi Pulau Pasumpahan ini juga tengah diincar investor asing untuk dikembangkan juga.
Mumpung masuk pulau ini masih gratis, yuuuk, buruan kesini

LEAVE A REPLY